Cara Mengatasi Virus yang Menghapus File Data dari Flashdisk

5:43:00 PM

Cara Mengatasi Virus yang Menghapus File Data dari Flashdisk - Beberapa waktu yang lalu banyak sekali teman-teman saya yang mengeluh karena mereka kehilangan data-data penting mereka yang berupa tugas, video, bahkan gambar milik mereka yang tersimpan di flashdisk.

Tidak salah lagi, ini adalah ulah program perusak ( Malware ) atau yang sering kita sebut Virus Komputer. Belum diketahui nama dari virus ini, namun setelah saya selidiki ternyata Virus jenis ini hampir sama dengan virus shortcut yang juga marak beredar baru-baru ini.

"Jadi apakah virus ini berbahaya?". Kalau menurut saya sih virus ini tidak berbahaya karena tidak mengakibatkan kerusakan pada sistem Windows.
"Terus, bagaimana dengan file saya yang terhapus?". Sebenarnya file di dalam flashdisk yang terinfeksi virus ini tidak terhapus sama sekali, tetapi hanya di sembunyikan alias di "hidden" oleh malware tersebut, jadi masih bisa dikembalikan.

Hampir sama dengan virus shortcut yang menyembunyikan file asli kemudian membuat file baru berupa shortcut yang namanya persis dengan aslinya, Virus yang satu ini juga sama-sama menyembunyikan file asli kemudian menempatkannya ke dalam folder tak bernama lalu menyembunyikan folder tersebut, tetapi bedanya, virus yang satu ini juga membuat shortcut yang berbentuk harddisk dengan tujuan folder tertentu. Lihat contoh pada gambar:


Untuk mengantisipasi agar PC sobat tidak terinfeksi Virus ini, ada baiknya jika saat memasukkan flashdisk, perhatikan dulu isinya dan jangan asal klik isi flashdisk, jika terdapat shortcut berbentuk harddisk seperti di atas maka berhati-hatilah sebelum meng-klik folder atau file di flashdisk tersebut, perhatikan juga type itemnya, jika ada item berbentuk seperti folder jangan langsung di klik, lihat dulu type nya, apakah item tersebut benar-benar "File Folder" atau "Aplication", jika type nya aplication maka sudah bisa dipastikan itu adalah virus.

"Lalu bagaimana cara aman untuk mengembalikan isi flashdisk tersebut?". Cara paling aman adalah jangan mengklik apa pun yang berada di dalam flashdisk tersebut, untuk memunculkannya secara manual sobat bisa melakukan cara berikut:

1. Lakukan setting explorer pada "folder and search option", lakukan sama persis dengan gambar berikut


2. Buka Flashdisk, kemudian akan muncul folder tanpa nama, buka folder tersebut, biasanya file-file kita akan terdapat pada folder tersebut. kemudian copy semua file penting yang sudah ditemukan tersebut ke direktori lain, kemudian hapus folder tanpa nama tersebut kemudian hapus juga shortcut yang berbentuk harddisk, atau sobat bisa langsung mem-format flashdisk sobat.

3. Jalankan Task Manager, kemudian cari aplikasi asing yang berjalan, yang menurut sobat mencurigakan kemudian Kill/Matikan aplikasi tersebut


Note: Berhati-hatilah dalam meng-kill di task manager, karena jika sobat salah mematikan proses maka akan berdampak pada sistem windows. maka harus di restart lagi.

4. Kemudian buka direktori file aplikasi tersebut kemudian Hapus!, jika tidak berhasil maka sobat harus masuk ke safe mode terlebih dahulu, baru kemudian dapat menghapus virusnya.


5. Selesai,

Sebenarnya cara diatas bisa dilakukan secara otomatis oleh antivirus tertentu, namun sebagai pembelajaran dan agar lebih berhati-hati lagi, sebaiknya kita mengecek terlebih dahulu isi flashdisk sebelum meng-copy file dari/ke dalamnya.

Sekian, semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu sobat Blogger, terimakasih sudah berkunjung :)
Previous
Next Post »

2 comments

Silahkan Berkomentar Dengan Menggunakan Kata-kata Yang Baik dan Mudah Dipahami.

Contact Form

Name

Email *

Message *