Penyebab Android Lag dan Macet serta Cara Mengatasinya

3:16:00 PM

Penyebab Android Lag dan Macet serta Cara Mengatasinya - Semua user Android pasti pernah mengalami yang namanya LAG atau Macet pada sistem Androidnya, Hal ini tentu membuat kita jengkel dan marah karena di saat tengah asyik main hp dan tiba-bia lag akan sangat menggangu sekali apalagi saat kita sedang sibuk chat dengan teman.

Lag sebenarnya tidak hanya terjadi pada Smartphone Android saja. Smartphone jenis lain pun pasti pernah mengalami hal ini seperti IOS, Windows Phone, BBM bahkan komputer dengan sistem yang canggih sekalipun masih bisa terjadi lag.

Apa penyebab Android Lag?

Penyebab sistem android menjadi lag bermacam-macam, mulai dari faktor dari mesin android yang kurang baik, sampai faktor ketidaksabaran penggunanya, Namun penyebab yang paling sering adalah karena RAM android sudah penuh sesak, sehingga menyebabkan sistem menjadi berat bahkan bisa restart sendiri.

Adapun karena faktor user yang tidak sabaran contohnya membuka aplikasi-aplikasi berat secara bersamaan, yaitu ketika menjalankan BBM, Line, Facebook, Browser, Instargram dll. secara bersamaan maka hal tersebut akan membuat kinerja Android melambat, bahkan baterai bisa terkuras habis.

Jika Hp sobat memiliki RAM 1 GB ke atas mungkin tidak akan menjadi masalah besar, tapi jika Hp sobat RAM nya 512 MB ke bawah maka hal itu akan sangat membuat jengkel.

Nah di artikel ini saya akan memberikan solusi buat sobat supaya Androidnya tidak sering Lag, untuk lebih jelasnya sobat bisa menyimak beberapa hal berikut.

#Penyebab Android Lag dan Sering Macet


  •  Terlalu banyak aplikasi yang berjalan. Seperti yang kita ketahui sebelumnya, Jika kita terlalu memakasakan android kita untuk menjalankan aplikasi-aplikasi berat secara bersamaan, maka akan berdampak ke kinerja sistem android milik kita, sehingga akan terjadi lag atau macet, hal ini terjadi karena RAM di android sudah penuh, akibatnya sistem tidak dapat membagi penggunaan RAM ke semua aplikasi karena terlalu banyak yang berjalan dan semuanya membutuhkan ruang masing-masing untuk berjalan.
  • Jumlah aplikasi yang terinstall berlebihan. Walaupun sobat mempunyai kapasitas memory yang besar, bukan berarti sobat bisa leluasa menginstall aplikasi apapun di smartphone sobat, karena makin banyak aplikasi yang sobat pasang makan akan makin memberatkan sistem operasi, bukan hanya RAM yang akan sesak, tapi juga memori hp sobat juga akan penuh. apalagi jika aplikasi yang di instal selalu berjalan walaupun tanpa di buka, maka hal itu akan menyebabkan performa android melambat.
  • RAM sudah penuh. Seperti pada poin 1 dan 2, hal yang paling berpengaruh adalah karena RAM android kita sudah penuh, penyebabnya yaitu karena terlalu berlebihan dalam menjalankan aplikasi di sistem android, bahkan bukan hanya aplikasi yang anda buka saja yang akan memakan banyak RAM. jika sobat perhatikan, aplikasi seperti BBM, Line, Instagram, Messenger akan berjalan terus tanpa di buka, maka otomatis aplikasi tersebut juga membutuhkan RAM untuk berjalan. sehingga tanpa disadari ruang kosong di RAM android kita akan berkurang. cara mengetahui jumlah ram yang di konsumsi android sobat, cukup buka setting>aplikasi>aplikasi yang berjalan, maka disitu akan tertera berapa sisa RAM yang dimiliki serta berapa ruang RAM yang tersisa.
  • Menginstall tema, widget, dan Custom Keyboard. Hal yang paling bodoh menurut saya adalah ketika kita menginstall tema dan Custom Keyboard untuk mempercantik tampilan hp android kita. Memang sih tampilannya jadi lebih bagus, tapi hal itu juga akan membuat kapasitas RAM makin berkurang karena aplikasi-aplikasi yang bertujuan untuk membuat tampilan hp kita lebih cantik itu akan lebih banyak memakan RAM dan akibatnya android kita akan terasa berat bahkan crash.
  • Cache atau file sampah yang menumpuk. Cache atau file sampah akan terus di produksi aplikasi-aplikasi di android ketika kita menjalankannya, contohnya saja aplikasi Messenger dan Line yang akan menghasilkan banyak file cache. cache sendiri adalah file sementara yang tidak terlalu berguna, maka harus di bersihkan karena hanya akan menambah berat memori.
  • Virus. Tidak seperti di Windows, virus android sebenarnya tidak terlalu berbahaya terhadap sistem, namun virus di android akan menyebabkan kinerja android kita menurun, dan membuat lag. virus sendiri biasanya masuk karena kita menginstall aplikasi yang tidak jelas/tidak resmi, karena kode-kode virus biasanya disisipkan pada aplikasi-aplikasi atau file yang kita download di internet.
#Cara Mengatasi Android Lag atau Macet

  • Bersihkan Cache Android. Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menghapus cache android. Cukup mudah untuk menghapusnya, anda bisa gunakan aplikasi Clean Master atau CCleaner dengan sekali tap maka semua proses pembersihan akan berjalan.   Jangan lupa harus juga history pencarian pada aplikasi browser yang anda gunakan.
  • Hapus Aplikasi & Game. Aplikasi dan game yang jarang anda gunakan atau sudah tidak pernah anda gunakan, maka sebaiknya uninstall aplikasi tersebut. tujuannya agar memori internal dan eksternal android anda memiliki banyak ruang kosong. Untuk menghapus aplikasi cukup mudah, masuk pada menu Pengaturan » Aplikasi » Semua, cari dan pilih aplikasi yang anda ingin hapus. Tap “Copot Pemasangan” untuk menghapus aplikasi.
  • Gunakan Wallpaper Biasa. Apabila sebelumnya anda menginstall tema atau launcher android. hapus tema tersebut, gunakan wallpaper biasa dan jangan yang animasi. Jika smartphone anda memiki kapasitas RAM 1GB mungkin tidak masalah, tapi jika dibawah kapasitas tersebut maka nantinya akan jadi masalah. Untuk lebih baiknya memang tidak perlu memasang tema.
  • Scan Dengan Anti Virus. Gunakan anti virus terbaik untuk melakukan scanning. Mungkin saja ada virus yang melekad pada sistem dan aplikasi sehingga membuat android serasa berat dan lemot. Rekomendasi anti virus terbaik adalah AVAST Mobile Security, AVG Antivirus Security, CM Security, dan Kapersky Internet Security
  • Update OS Android. Apabila sistem android anda error atau terdapat banyak bugs (Kerusakan) maka sebaiknya lakukan update. Tujuannya agar error tersebut bisa hilang. Dan lebihnya lagi anda juga akan mendapatkan fitur terbaru dari update OS Android yang anda lakukan.
  • Install Aplikasi Greenify. Aplikasi ini menurut saya sangat ampuh untuk membantu mengatasi RAM android, karena aplikasi ini akan menghibernate aplikasi-aplikasi lain yang tidak berguna/memakan banyak RAM.
Jika sobat mengikuti tips yang saya berika di atas, maka pasti akan mengurangi Lag di hp sobat, dan akan membuat hp sobat lebih hemat baterai.

Sekian tips yang bisa saya bagikan untuk Sobat Blogger, semoga dengan tips ini, sobat bisa paham cara yang baik untuk menggunakan andoid sobat. Semoga membantu..
Previous
Next Post »
0 Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Menggunakan Kata-kata Yang Baik dan Mudah Dipahami.

Contact Form

Name

Email *

Message *