Apa itu Trypophobia? - Pengertian dan Terapi Trypophobia

4:37:00 AM

Trypophobia - Apakah kamu seorang Trypophobic?, Trypophobic adalah sebutan untuk seseorang yang menderita gejala Trypophobia, baiklah daripada berputar-putar kesana kemari silahkan sobat simak ulasan singkat tentang Trypophobia berikut, yang sudah saya rangkum dari berbagai sumber yang terpercaya.

Apa itu trypophobia

Sebelumnya mari kita lihat kembali definisi dari Phobia, fobia adalah perasaan takut yang berlebihan terhadap sesuatu hal, kejadian atau fenomena tertentu yang tidak beralasan. Sedangkan Tripophobia dianggap sebagai perasaan takut berlebihan pada lubang-lubang kecil dalam cluster asimetris. Jika kamu merasa takut, merinding, gatal dan tidak nyaman melihat lubang-lubang kecil seperti sarang lebah madu, jamur, biji bunga teratai,  gelembung, atau terumbu karang bisa jadi kamu menderita trypophobia.

Kebanyakan dari orang-orang trypophobic ( penderita trypophobia ) mulai merasa tidak nyaman, aneh, merinding bahkan gatal di seluruh tubuh, setelah mereka melihat lubang-lubang kecil. Saat ini, trypophobia digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang memiliki ketakutan berlebihan pada lubang di kulit termasuk pori-pori.

Lubang-lubang kecil yang terdapat pada-pori kulit menjadikan orang trypophobic menjadi stres, karena mereka percaya bahwa lubang tersebut akan tumbuh dan menjadi lubang besar di kulit. Ada beberapa kasus bahwa orang orang dengan trypophobia menjadi paranoid setelah tergigit serangga karena mereka berpikir gigitan tersebut akan membesar.

Tetapi Meskipun banyak orang yang mengaku menderita trypophobia tetapi pihak American Psychiatric Associations Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders tidak mengakui kondisi tersebut sebagai fobia yang sesungguhnya.

Dikutip dari merdeka.com bahwa gejala yang timbul kemungkinan besar berasal dari rasa jijik yang timbul akibat melihat benda berlubang kecil. Adalah reaksi bawah sadar seseorang akibat rasa takut terhadap penyakit tertentu. Contohnya kondisi cacar air yang membuat kulit meninggalkan bekas bintik-bintik kecil yang sebagian orang menganggapnya menjijikkan.

Jika sobat adalah seorang yang merasa menderita trypophobia maka berusahalah menghilangkan pikiran tersebut. Namun jika memang sangat diperlukan, kamu bisa coba salah satu terapi berikut:

Terapi trypophobia

Seperti halnya jenis phobia lainnya, trypophobia bisa diobati. caranya antara lain:

  • Terapi Perilaku, menjalani terapi memungkinkan seorang individu untuk berubah dan mampu mengontrol perilaku yang tidak diinginkan. Melalui terapi, orang bisa belajar bagaimana mengatasi trypophobia terutama ketika mereka melihat lubang-lubang kecil.
  • Terapi Kognitif, tujuan terapi ini kepada orang-orang trypophobic adalah untuk mengubah pola berpikir ketakutan yang tidak produktif. Penderita meneliti perasaan mereka kembali dan berusaha untuk memisahkan antara yang nyata dan tidak.
  • CBT atau Cognitive Behavior Therapy, ada beberapa terapis yang menggunakan campuran dari dua terapi diatas untuk menyembuhkan trypophobia. Penderita diajari keterampilan pemulihan yang bisa mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari.
  • NLP atau Neuro-Linguistic Programming, dalam metode ini, orang yang terkena trypophobe pikirannya dalam melihat sesuatu diprogram ulang untuk mengurangi fobia. Ini jenis intervensi yang cepat dan efisien dalam menyembuhkan trypophobia. Selain itu, keterlibatan yang juga langsung dan mudah untuk diaplikasikan.

Jika Kamu berpikir bahwa Kamu memiliki rasa takut terhadap lubang-lubang kecil atau trypophobia, lebih baik bahwa Kamu menjalani salah satu perawatan yang disebutkan di atas untuk mengatasi fobia kecemasan yang Kamu miliki.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Menggunakan Kata-kata Yang Baik dan Mudah Dipahami.

Contact Form

Name

Email *

Message *