Virus Ransomware Cerber yang Paling Berbahaya!

7:29:00 AM
 

Ransomware Cerber - Halo sobat blogger, selamat datang di Blog yang sederhana ini :D, kali ini admin akan mengulas sedikit tentang virus yang sedang naik daun saat ini. hehe..

Ransomware Cerber, Adalah sebuah virus yang sangat berbahaya yang baru-baru ini beredar di kalangan pengguna internet khususnya pada platform PC Windows, Menurut info yang saya dapat dari seorang sumber yang komputernya telah terinfeksi Virus ini, dia mengatakan bahwa semua data yang berada pada hdd nya berubah menjadi format *.mp3, iseng mengembalikan formatnya kembali file nya malah corrupt, ini menandakan bahwa ransomware sudah menginfeksi sistem komputer. Hampir semua data di hdd berubah formatnya, mulai dari mp3, video, gambar dll. tidak dapat diakses bahkan menjadi corrupt.

Nah maka dari itu pada postingan kali ini admin akan membahas mengenai virus ini, apa sebenarnya ransomware itu sendiri; Ransomware adalah sebuah nama atau istilah generic untuk sebuah malware yang sesuai dengan namanya yang meminta uang tebusan kepada pengguna yang komputernya terinfeksi ransomware, karena ransomware telah menginfeksi komputer dan mengancam keamanan komputer.

Berikut contoh pop-up yang muncul pada komputer yang terinfeksi ransomware:


Pop-up semacam ini bisa muncul dimana saja, bisa di cmd, browser, atau bahkan di notepad, intinya pada pop-up tersebut kita akan diarahkan kepada sebuah website yang telah dibuat oleh sang pembuat virus untuk melakukan pembayaran tebusan. Dan biasanya jenis tebusan yang diminta oleh sang pembuat virus adalah berupa virtual money ( uang virtual ) seperti BitCoin. Namun setelah kita mengetahui tentang pembahasan mengenai ransomware ini, maka kecil kemungkinan data kita akan kembali seperti semula.

Bagaimana cara mengembalikan data kita yang hilang karena virus ini?
Pertanyaan ini menurut saya cukup sulit, mengapa? mengingat cara kerja virus ini menggunakan Cryptolocker, untuk membuka file yang ter-encrypt tersebut kita memerlukan sebuah tool decryptor dan tidak bisa diguanakan secara universal pada file yang terkena virus ini.

Beberapa varian virus ransomware ada yang merubah file menjadi format mp3, xyz dll. sehingga sangat sulit untuk men-decrypt satu file saja yang terinfeksi virus tersebut.

Walaupun mengembalikan data yang hilang karena virus tersebut tidak memungkinkan, bukan tidak mungkin kita masih bisa melakukan cara lain unutk mengembalikan data kita yang hilang.

Salah satunya yang dapat Kamu coba adalah menggunakan software recovery, fungsi dari software recovery adalah mengembalikan file yang hilang.

Untuk file recovery sobat bisa mencoba software recuva. Baca : Recuva File Recovery Free 

Namun hal yang paling baik dalam mengatasi virus ini adalah dengan berhati-hati dalam menggunakan internet, contohnya saja dalam membuka kiriman email atau men-download software, usahakan jangan mendownload software yang tidak jelas asal-usulnya, karena bisa saja file yang sobat download tersebut merupakan virus yang berbahaya. 

Saya rasa sudah cukup mengenai ransomware ini, semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman dan semoga bisa menjadi pembelajaran agar tidak ada lagi yang terkena virus ini. terimakasih telah berkunjung...
Previous
Next Post »
0 Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Menggunakan Kata-kata Yang Baik dan Mudah Dipahami.

Contact Form

Name

Email *

Message *