Cara Membuat Arsip Blog Sederhana dengan Scroll Bar

11:54:00 PM
Cara Membuat Arsip Blog Sederhana dengan Scroll Bar - Halo sobat Blogger, selamat datang kembali di Blog ReddX, Kali ini saya akan share Cara Membuat Arsip Blog Sederhana dengan Scroll Bar.

Nah sobat Blogger pasti sudah tau tentunya apa itu Arsip Blog alias Blog Archive bukan? Arsip Blog atau Blog Archive adalah sebuah daftar post yang sudah kita tulis yang di urutkan berdasarkan urutan tanggal, bulan atau tahun.

Biasanya arsip blog atau archive blog ini di letakan di sidebar pada sebuah blog, arsip blog ini menurut saya sangat berguna sekali jika di pasang pada sebuah blog,karena dengan widget arsip ini bisa dengan mudah menemukan artikel-artikel Blog kita hanya dengan melihat halaman arsip.


gbr-arch

Selain itu halaman arsip juga sangat simple dan mudah juga untuk di terapkan bisa di bilang arsip atau archive blog ini adalah sebuah sitemap,karena di widget arsip ini di tunjukan semua arikel di blog anda, namun kadang karena halaman arsip ini bisa mengganggu di karenakan jika banyaknya artikel yang di buat maka akan semakin melebar ke bawah, maka dari itu kali ini saya akan sharing sedikit bagaimana membuat arsip blog dengan scrollbar seperti gambar di atas.

Menambahkan scroll pada halaman arsip bisa anda sesuaikan tinggi untuk menyesuaikan dengan sidebar blog sobat dan tentu tidak memakan banyak ruangan di sidebar.

Cara Membuat Arsip Blog/ Archive Blog Dengan Scroll

1. Pastikan kamu sudah menambahkan arsip blog ke widget blog kamu.
2. Sekarang buka akun blogger sobat.
3. Pilih menu template > Klik Edit Html
4. Lalu silahkan sobat cari kode 'ArchiveList'
5. Jika sudah ketemu lalu letakan kode kode di bawah ini tepat di atas kode 'ArchiveList' tersebut

<div style='overflow:auto; width:ancho; height:300px;'>

6. Lalu sobat scroll ke bawah sedikit, maka kamu akan melihat kode seperti ini <b:include name='quickedit'/> nah kemudian tambahka kode </div> di atasnya, untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan contoh di bawah ini.

<div style='overflow:auto; width:ancho; height:300px;'>  <div id='ArchiveList'><div expr:id='data:widget.instanceId + &quot;_ArchiveList&quot;'>
<b:if cond='data:style == &quot;HIERARCHY&quot;'>
<b:include data='data' name='interval'/>
</b:if>
<b:if cond='data:style == &quot;FLAT&quot;'>
<b:include data='data' name='flat'/>
</b:if>
<b:if cond='data:style == &quot;MENU&quot;'>
<b:include data='data' name='menu'/>
</b:if>
</div>
</div>
</div><b:include name='quickedit'/>  </div>
</b:includable>


Note : 300px adalah tinggi dari arsip dan silahkan sesuaikan sesuka kamu.

Jika sudah silahkan save template blog sobat dan lihat hasilnya. OK, saya rasa penjelasan yang saya berikan sudah cukup jelas, semoga dapat dipahami oleh sobat Blogger semua, sekian post ini terimakasih telah berkunjung...
Previous
Next Post »
0 Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Menggunakan Kata-kata Yang Baik dan Mudah Dipahami.

Contact Form

Name

Email *

Message *