Cara Membuat file Archive Highly Compressed dengan WinRAR

1:40:00 AM
reddx15.blogpspot.com

Membuat Archive Highly Compressed dengan WinRAR - Hai sobat Blogger, selamat datang kembali di Blog ReddX, kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat file Archive Highly Compressed dengan menggunakan bantuan dari software WinRAR buatan dari RARLAB Corporation.

Sebelum melangkah kesana, saya akan menjelaskan sedikit apa itu Archive Highly Compressed dan apa manfaatnya. Nah File Archive Highly Compressed sendiri adalah file yang telah di kompres sedemikian rupa, yang tadinya ukuran aslinya adalah misalnya 4GB ( Gigabytes ) sekarang hanya tinggal menjadi 10MB ( Megabytes ) misalnya.

Apa sih sebenarnya kegunaannya jika kita mengompresi file besar menjadi Highly Compressed?

Ada banyak keuntungan dan kekurangan yang kita dapatkan jika kita mengompresi file Archive menjadi Highly Compressed, berikut saya Jelaskan sedikit:

Keuntungan dari File Highly Compressed
  • Ukuran file menjadi kecil, membuat kita mudah memindahkan file tersebut dari satu komputer ke komputer lain dengan menggunkan flash media seperti USB Disk.
  • Menghemat kapasitas Harddisk, dengan demikian kapasitas harddisk komputer kita tidak akan penuh sesak sehingga kita akan mempunya banyak ruang untuk menampung file-file lain.
  • Mengefisienkan pengaturan file, maksudnya adalah dengan membuat file highly compressed, kita bisa mengatur file yang kita inginkan dengan mudah karena ukurannya yang kecil sehingga kita dapat memindahkannya dengan cepat.
Kekurangan dari File Highly Compressed
  • Proses Kompresi yang lama, biasanya karena ukuran file yang cukup besar, akan membuat komputer kita bekerja lumayan berat sehingga proses kompresinya pun akan memakan waktu yang cukup lama.
  • Proses Extract yang lama, selain proses kompresi, proses extract nya pun juga akan menjadi lama, sama halnya dengan proses kompresi, file ini akan membuat komputer bekerja dengan keras.
  • Membuat komputer bekerja extra keras, jika kita mengompresi file yang ukurannya lumayan besar, maka otomatis komputer kita juga akan bekerja sangat keras untuk mengompresi file tersebut, hal ini terjadi karena aplikasi yang kita gunakan biasanya akan berusaha menekan ukuran file yang kita inginkan sekecil mungkin sehingga akan memakan banyak kapasitas RAM, nah hal ini lah yang biasanya membuat komputer kita menjadi lemot, karena kapasitas RAM sebagian besar di alihkan ke satu aplikasi saja.
Nah bagaimana cara membuat file highly compressed dengan WinRAR?

Download WinRAR 5.40 Beta Full

Sebenarnya bukan hanya aplikasi winrar yang bisa kita gunakan dalam membuat file highly compressed, kita bisa menggunakan aplikasi archiver lain misalnya 7Zip, KGB Archiver dll. Namun pada postingan kali ini kita hanya akan membahas cara membuat file highly compressed dengan winrar saja, karena menurut saya ini adalah salah satu cara yang paling mudah. Baiklah untuk membuat file highly compressed, silahkan simak petunjuk berikut.

Cara Membuat file Archive Highly Compressed dengan WinRAR

1. Pilih file yang ingin sobat Compress, kemudian klik kanan pada file tersebut, pilih "Add to Archive" ( Lihat Gambar ).

reddx15.blogpspot.com

2. Kemudian pada menu Archive format, centang RAR. dan pada "Compression Method", pilih "Best". Kemudian pada bagian "Dictionary Size" pilih yang 64 KB ( Kilobytes ). Lalu pada Archiving Options Centang menu "Create solid archive" dan klik tombol "OK". ( Untuk lebih jelas lihat gambar ).

reddx15.blogpspot.com

3. Terakhir, sobat hanya tinggal menunggu hingga prosesnya selesai, biasanya akan memakan waktu yang lumayan lama ( tergantung pada ukuran filenya ).

reddx15.blogpspot.com

Bagaimana sobat Blogger? Sangat mudah bukan?, saya rasa cukup jelas penjelasan yang saya berikan diatas, namun jika masih ada yang belum dipahami silahkan sobat tanyakan melalui email admin di: redd.ndr15@gmail.com, atau sobat bisa menanyakannya langsung pada kolom komentar. Kami akan sangat senang membantu.

Saya rasa cukup sekian postingan kali ini semoga bermanfaat untuk sobat Blogger semua, terimakasih telah berkunjung dan selamat mencoba!
Previous
Next Post »

1 comment

  1. sama aja bro ane kompress file masih 1 giga sama kaya ukuran aslinya,
    apa highkompress file sama highkompress folder beda?

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar Dengan Menggunakan Kata-kata Yang Baik dan Mudah Dipahami.

Contact Form

Name

Email *

Message *