Mengenal Apa Itu Deep Web

8:01:00 AM
ReddSoft, Selasa 22 November 2016 | Apa Itu Deep Web -- Sebelum membahas tentang deep web, mari kita sekilas membahas tentang internet. Internet merupakan salah satu elemen penting dalam kehidupan manusia, setiap hari kita menggunakan internet, bahkan banyak yang sampai kecanduan dan tidak bisa hidup tanpa internet.

Bagi kita pengguna internet, layanan ini dapat kita gunakan untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti saling berkomunikasi, bertukar informasi, bekerja, dan masih banyak lagi yang dapat kita lakukan dengan memanfaatkan internet. Namun ternyata internet juga memiliki sisi gelap dan tidak banyak orang yang mengetahuinya, salah satunya adalah Deep Web.


Deep Web sendiri secara pengertian menurut wikipedia adalah kumpulan konten atau website di Internet yang tidak terindeks atau terdeteksi oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo dan Bing. Hal ini karena situs-situs yang berada pada deep web merupakan situs yang dinamis dan hanya dapat ditemukan dengan pencarian-pencarian yang lebih spesifik. Sementara itu situs-situs yang biasa kita gunakan seperti Facebook, Yahoo, Youtube dll. merupakan bagian dari Surface Web atau situs yang berada pada permukaan internet. Istilah deep web ini muncul karena kebiasaan orang-orang dengan ketergantungan mereka oleh mesin pencari di internet.

Istilah deep web ini sendiri pertama kali dipopulerkan oleh Mike Bergman, founder BrightPlanet, sejak tahun 2001. Deep web merupakan area internet terlarang bagi kamu yang tidak memiliki nyali yang cukup, kenapa? karena kebanyakan konten yang akan kamu temui di deep web merupakan konten ilegal, melanggar hukum, dan tidak lazim.

Hanya sekitar 4% dari keseluruhan data di internet yang bisa kita akses sehari-hari, sedangkan 96% sisanya dapat kamu temukan di deep web. Jumlah situs yang tergolong deep web jumlahnya sangat banyak. berdasarkan kajian yang dilakukan oleh Universitas California pada tahun 2001, jumlah konten deep web sebesar 7,500 terabytes. Kemudian pada tahun 2004 diperkirakan terdapat kurang lebih 300,000 situs yang tergolong dalam kategori deep web.

Disana kamu akan menemui konten-konten yang tidak ter-filter seperti situs perdagangan narkoba, jasa pembunuh bayaran, situs carding ( jual beli kartu kredit curian ), perdagangan manusia ( human trafficking ), situs pornografi yang tidak lazim, jual beli organ tubuh, video-video yang melanggar hukum ( penyiksaan, pembunuhan, mutilasi dll. ), situs pedofil bahkan eksperimen terhadap manusia.

Selain itu, deep web juga merupakan tempat berbahaya bagi komputer dengan sistem keamanan internet yang lemah, karena di deep web tersebar banyak sekali virus komputer yang sangat berbahaya dan siap menginfeksi komputer kapan saja.

Untuk itu sangat tidak disarankan bagi kamu untuk mengakses deep web, apalagi jika kamu masih belum tau banyak tentang internet dan seluk beluknya.

Cara Mengakses Deep Web

Salah satu cara yang dapat kamu gunakan untuk mengakses deep web yaitu dengan menggunakan software TOR Browser, tor sendiri merupakan kepanjangan dari The Onion Router, Browser ini hampir sama dengan browser yang biasa kamu gunakan, namun memiliki kemampuan lebih dari browser pada umumnya.

TOR lebih seperti aplikasi VPN yang memungkinkan kita untuk mengakses internet secara anonim, sehingga identitas kamu ( semacam IP Adress, User Info dll. ) tidak akan terlihat, karena ketika kamu mengakses internet dengan browser ini semua identitas akan di enkripsi dengan baik dan tidak akan terdeteksi oleh siapapun.

Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Mengakses Deep Web

Ada beberapa hal yang harus benar-benar kamu perhatikan dan tidak boleh kamu lakukan jika sedang mengakses deep web, diantaranya:
  • Untuk keamanan sebaiknya  kamu bantuan menggunakan proxy/VPN.
  • Jangan melakukan login akun ke situs apapun selama kamu browsing di Deep Web.
  • Selalu tampilkan indikator trafik internetmu, waspadai trafik yang mencurigakan.
  • Setelah browsing, hapus history, cache, dan folder temp komputer.
  • Jangan menyimpan kata sandi di browser.
  • Jangan pernah men-download apapun di Deep Web.
  • Atur browser yang kamu gunakan agar mem-blokir semua Pop-Up.
  • Berhati-hatilah dalam browsing di deep web
Bagi kamu yang pertama kali memasuki deep web mungkin akan kebingunan mengenai cara mengaksesnya. Hal pertama yang harus kamu lakukan jika baru mengunjungi deep web kamu bisa menggunakan Hidden Wiki sebagai bantuan, disana akan terdapat beberapa alamat website di deep web yang bisa kamu akses langsung.

Namun sekali lagi saya tekankan, mengakses deep web merupakan hal yang tidak disarankan bagi kamu yang mempunyai nyali sedikit! Maka sebaiknya kamu menghindari mengakses deep web jika tidak ingin melihat hal-hal yang mengerikan.

Semoga informasi ini bisa menambah wawasan kita mengenai dunia internet dan membuat kita lebih bijak lagi dalam menggunakannya, terimakasih telah berkunjung...
Previous
Next Post »
0 Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Menggunakan Kata-kata Yang Baik dan Mudah Dipahami.

Contact Form

Name

Email *

Message *