Perbedaan Kecepatan Sinyal 5G, 4G, 3G, H+, H dan Perkembangannya ( 2016 )

11:19:00 PM
Perbedaan sinyal 3G, 4G, E, 2G, H, H+ dan 5G  – Seiring dengan perkembangan dunia teknologi, sinyal merupakan hal yang vital dan semakin lama akan semakin dibutuhkan oleh setiap orang, lama kelamaan dunia teknologi akan mengalami evolusi pesat yang signifikan, maka dari itu dibutuhkan banyak aspek pendukung yang dapat membantu perkembangan tersebut. Salah satunya adalah jaringan internet, mengapa? pasti kamu sudah tau alasannya kenapa jaringan internet merupakan salah satu aspek terpenting di dunia teknologi bukan? iya jaringan internet merupakan hal yang sangat vital di dunia teknologi terlebih pada era global networking karena tanpa jaringan internet kita akan kesulitan dalam menjalin hubungan dengan orang di belahan dunia lain karena keterbatasan jarak.


Pernahkan kamu mengamati perkembangan sinyal dan jaringan internet baru-baru ini? untuk ponsel jaman dulu biasanya bar sinyal yang terdapat adalah G dan E, sedangkan untuk smartphone sekarang ini lebih variatif, selain G dan E ada 3G, H, H+ dan juga 4G LTE. Lalu apa perbedaannya dan apa artinya?

Soal kecepatan pasti kamu sendiri sudah dapat memastikan mana yang terbaik bukan? iya, untuk kecepatan tertinggi dari deretan sinyal tersebu tentu saja adalah sinyal 4G, bahkan saat ini sudah dikembangkan penerus dari sinyal 4G LTE, yaitu sinyal 5G. Berikut ini selengkapnya mengenai penjelasan perbedaan masing - masing jenis sinyal tersebut.

2G

2G merupakan jenis jaringan yang cukup populer di sepanjang tahun 90-an hingga sekarang. Pertama kali di perkenalkan ke publik pada tahun 1991, 2G merupakan teknologi pertama yang menyalurkan layanan data seperti SMS dan MMS. 2G memiliki kecepatan transfer data maksimal yang mencapai 50 Kbps.

G ( GPRS )

G sendiri merupakan kependekan dari GPRS ( General Packet Radio Service ) yang di perkenalkan pada tahun 2000, G mendapatkan sebutan 2,5G oleh masyarakat. G merupakan jaringan internet pertama yang selalu menyala tanpa henti.

Sayangnya untuk soal kecepatan transfer data masih sangat lambat, yakni maksimal hanya 114 Kbps. Baik 2G maupun G rasanya kurang nyaman jika digunakan untuk berinternet. Tak terbayang berapa lama membuka satu halaman situs penuh flash.

E ( EDGE )

E adalah singkatan dari EDGE atau Enhanced Data rates for GSM Evolution. EDGE muncul beberapa tahun setelah GPRS, dan mulai di pergunakan secara umum pada tahun 2003. Kecepatan maksimal jaringan ini mencapai 217 Kbps, meskipun masih tergolong lambat, namun E masih banyak di gunakan di dunia hingga saat ini.

3G

Walaupun 3G baru di kenal di Indonesia beberapa tahun belakangan ini, sebenarnya jaringan 3G ini sudah di pergunakan secara luas di dunia. Jepang, merupakan negara pertama yang menerapkan jaringan 3G, yaitu tepatnya pada tahun 2001.

3G merupakan jaringan pertama yang sanggup mendukung internet mobile untuk kebutuhan seperti browsing. Kecepatan dari jaringan ini mampu mencapai 384 Kbps dengan teknologi dasar bernama UMTS ( Universal Mobile Telecommunication Service ).

H ( HSPA )

Berikutnya adalah teknologi jaringan internet dengan kecepatan transfer data yang cukup tinggi. H adalah kependekan dari HSPA atau High Speed Packet Access, teknologi yang di usungnya sama dengan teknologi 3G.

Kecepatan transfer data jaringan ini mampu mencapai 7.2 Mbps, jaringan ini sudah cukup ideal untuk kebutuhan aktivitas seperti browsing dan download. Sekarang ini hampir semua smartphone sudah di tanamkan teknologi 3G dan HSPA.

H+ ( HSPA+ )

Selain H, kamu juga sering menjumpai H+ di panel sinyal ponsel kamu. H+ adalah kependekan dari HSPA+ atau Universal Mobile Telecommunication Service. Untuk kecepatan transfer data sudah sangat baik, ada lima generasi pengembangan jenis jaringan H+ ini, yaitu:
  • Release 6: 14.4 Mbps
  • Release 7: 21.1 Mbps
  • Release 8: 42.2 Mbps
  • Release 9: 84.4 Mbps
  • Release 10: 168.8 Mbps
Jaringan H+ merupakan salah satu tipe jaringan dengan kecepatan terbaik saat ini, dan bisa di gunakan oleh pengguna smartphone di seluruh Indonesia saat ini. Dikarenakan jaringan istimewa dari 4G, masih terbatas di kota – kota besar saja.

4G LTE

Jaringan 4G saat ini sedang di kembangkan secara luas di Indonesia, Indosat dan Telkomsel merupakan dua layanan seluler yang paling gencar menggalakkan era baru koneksi internet 4G. Jaringan ini pertama kali digunakan pada tahun 2009 di Stockholm dan Oslo. Kecepatan dari 4G ini di klaim mencapai kecepatan real 100 Mb hingga 1 GB per-detik.

Di Indonesia sendiri, eksistensi 4G belum bisa mengalahkan H+, selain penyebaran jaringan yang belum merata. Masih sedikit perangkat mobile yang mendukung 4G, terutama perangkat yang rilis beberapa tahun yang lalu.

5G

Jaringan 5G diprediksi akan jauh lebih cepat dari 4G. Dalam hal kecepatan, 5G diprediksi melesat 40 kali lebih cepat dari 4G. Jaringan 5G cukup kuat untuk memutar video beresolusi 8.000 pixel alias "8k" dalam format 3-D atau mengunduh film 3-D dalam waktu hanya 6 detik. Di jaringan 4G, film 3-D diunduh selama 6 menit. Di Indonesia sendiri, provider yang pertama kali menguji coba jaringan internet 5G adalah Telkomsel. Pada beberapa waktu lalu dalam uji coba yang dilakukan oleh telkomsel, sinyal 5G berhasil mencapai kecepatan yang fantastis yaitu sekitar 1TB ( Terabyte ) per-detik!

Bukan hanya sampai disitu, dunia digital akan semakin berkembang lagi ke era yang lebih maju, bukan tidak mungkin suatu saat nanti perkembangan itu akan sampai pada tahap yang belum pernah dibayangkan sebelumnya...
Previous
Next Post »
0 Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Menggunakan Kata-kata Yang Baik dan Mudah Dipahami.

Contact Form

Name

Email *

Message *